Coba 4 Bahan Alami Ini untuk Cerahkan Matamu!



ilustrasi: google.com


Memiliki bola mata yang putih jernih adalah impian setiap orang. Selain bersih, juga menandakan matamu sehat dan terawat.
Namun, masih banyak orang yang terkadang lupa atau malas untuk membersihkan bola matanya, padahal menjaga kesehatan mata sangat penting. Apalagi bagi yang sering beraktivitas di luar rumah. Nah, daripada bingung cari obat pembersih mata lebih baik intip yuk bahan alami sederhana ini untuk cerahkan matamu!
1.      Mentimun
Karena rasanya yang menyegarkan, mentimun dipercaya mampu menyejukkan mata. Cara menggunakannya pun mudah, cukup potong mentimun dingin dan letakkan di atas kelopak mata seperti dikompres, biarkan selama 15-20 menit. Jika kamu teratur menggunakannya, matamu kembali bersih dan bening.
2.      Daun sirih

ilustrasi: hellosehat.com
Tak hanya sebagai antiseptik herbal, daun sirih bisa menjernihkan bola mata. Ambil dua lembar daun sirih dan rebus selama 10-15 menit dan dinginkan, lalu teteskan seperti memakai obat mata atau bisa sekalian merendam wajah dengan mata yang terbuka dalam mangkok/ baskom.
Sebaiknya, penggunaan rebusan daun sirih jangan terlalu sering karena dikhawatirkan bisa merusak mata. Sangat tidak dianjurkan bagi penderita sakit mata yang masih gejala atau telah memerah, kecuali untuk masa penyembuhan setelah bola mata kembali bersih.
3.      Wortel
Berwarna oranye dan kaya akan beta karoten, zat yang diperlukan untuk mata. Salah satu umbi-umbian yang tinggi vitamin A ini dipercaya mampu merawat dan menyembuhkan beragam masalah penyakit mata, seperti rabun senja, mata minus, dan mata plus.
          Wortel yang telah dibersihkan dapat dimakan langsung untuk hasil yang maksimal, tapi bagi yang tidak suka memakan wortel mentah bisa dibuat jus atau beragam camilan sehat sekaligus lezat.
4.      Stroberi


ilustrasi: google.com

Stroberi juga memiliki kandungan vitamin A di balik rasanya yang asam manis. Melansir halosehat.com, buah ini bisa dijadikan salah satu alternatif untuk menyegarkan mata lelah dan memerah. Caranya, potong stroberi jadi beberapa bagian dan letakkan di kelopak mata, lalu diamkan selama 15 menit.
Nah, selain mencoba empat bahan alami di atas, kamu juga bisa merawat mata dengan cara sederhana. Misalnya istirahat cukup, mengonsumsi vitamin dan buah-buahan, dan sesekali istirahatkan mata ketika sedang bermain gadget.


         

Komentar

  1. Yah stroberinya kan enak ๐Ÿ˜ข๐Ÿ“

    BalasHapus
  2. Si kancil anak nakal suka mencuri mentimun

    BalasHapus
  3. Gw lebih mempan wortel mb ��

    BalasHapus
  4. Wahh baru tau ris kalo sirih bisa juga ditetesin ke mata ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

    BalasHapus
  5. Iyaa asma, tapi jangan keseringan & kebanyakan takutnya korneanya bisa rusak wkwk

    BalasHapus
  6. Wah kak makasih infonyaa.. baru tau stroberi bisa sembuhin mata merah ๐Ÿ˜ฑ

    BalasHapus
  7. Balasan
    1. Boleh banget, perhatiin juga ya gimana cara penggunaannya hehe

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Aplikasi Kencan: Tinder vs Tantan

Lebih Baik “Diputuskan” atau “Memutuskan”?

Satu Jam Bersama Si Fighter Taekwondo